DPMN Agam Gelar Bimtek Penyusunan RAB

Bagikan

​HaloSumbar.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tata cara penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan gambar teknis. Bimtek tersebut diperuntukan bagi perangkat nagari dan unsur masyarakat se-Agam.

Bimtek yang digelar di aula Panti Asuhan Putra Lubuk Basung, pada Senin (7/5) dibuka oleh Bupati Agam, yang diwakili Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesra Sekretariat Kabupaten Agam, Ir. H. Isman Imran, M.Si, dan dihadiri Kepala DPMN Agam Tedy Marta serta jajarannya.

Dikatakan Isman Imran, untuk mewujudkan pelaksanaan kegiatan pembangunan nagari yang sesuai dengan aturan, perlu upaya peningkatan kapasitas aparatur pemerintah nagari, salah staunya melalui Bimtek yang dilaksanakan DPMN Agam.

“Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan, menambah pengetahuan dan merubah sikap yang dibutuhkan dalam kegiatan pelaksanaan pembangunan nagari kearah yang lebih baik.

Bimtek ini, lanjutnya lagi, memiliki beberapa tujuan, seperti meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan aparatur pemerintah nagari dalam melaksnakaan tugas dan fungsinya dalam mengelola kegiatan pembangunan nagari, sehingga dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna, serta memahami mekanisme pelaksanaan kegiatan pembangunan secara swakelola.

Selanjutnya terampil dalam mengendalikan tahapan pelaksanaan kegiatan pembangunan secara swakelola oleh nagari, serta terampil dalam tata cara pengisian administrasi kegiatan pembangunan yaitu cara mengukur, desain gambar, membuat RAB dan actual check untuk pekerjaan fisik yang meliputi jalan rabat beton, irigasi, drainase, jembatan dan tembok penahan tanah.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi hingga terlaksananya acara ini, dan diharapkan peserta serius mengikutinya, karena Bimtek tersebut sangat bermanfaat untuk menunjang pembangunan nagari,” ujarnya berharap.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam, Teddy Martha menyebutkan, peserta yang mengikuti Bimtek sebanyak 164 orang berasal dari perangkat nagari dan unsur masyarakat se-Kabupaten Agam, yang dilaksanakan dua angkatan.

“Angkatan I dilaksanakan mulai 7 sampai 9 Mei 2018, dan angkatan II 14 sampai 16 Mei 2018, di aula Panti Asuhan Putra, Lubuk Basung,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, DPMN menghadirkan fasilitator Bimtek berasal dari pendamping profesional atau tenaga ahli dari Kabupaten Agam, dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Agam.(HS/Fadil)

Related Posts